Kamis, 01 Maret 2012

Pengertian Asuransi

Banyak orang punya pandangan yang berbeda mengenai pengertian asuransi, oleh karenanya, ini adalah pengertian yang benar tentang asuransi.

Asuransi bukan judi ataupun investasi. Memang, di asuransi modern terdapat komponen investasi, tetapi hendaknya ini dipandang sebagai pelengkap bukan komponen utama. Asuransi bertujuan untuk menawarkan perlindungan terhadap risiko yang mungkin timbul. Bisa dikatakan secara singkat asuransi adalah sistem dimana kita berbagi risiko kita dengan orang lain, yaitu perusahaan asuransi.

Asuransi sudah ada dari jamah dahulu kala. Misalnya di dalam kode Hammurabi, hukum Babilonia kuno, ada hukum yang membahas asuransi kredit. Hukum ini bertujuan agar para pedagang dapat memperoleh pinjaman dari para investor. Jika ada kecelakaan, seperti karam kapal, si peminjam tidak harus membayar pinjamannya. Sedangkan apabila perdagangan sukses, mereka membayar pinjaman dengan suatu bunga.

Asuransi  di Jaman Modern

Di zaman kita dewasa ini, konsep asuransi masih tentang berbagi risiko. Perusahaan asuransi di dunia memperhatikan statistik frekuensi kerugian. Misalnya kemungkinan sakit, penyakit kritis, dan biaya pengobatan. Ini akan dipakai untuk memprediksi berapa besar premi asuransi yang harus dibayarkan oleh sang klien.

Dana yang diperoleh oleh perusahaan asuransi akan digunakan untuk membayar klaim yang diajukan klien apabila mereka menderita kerugian.

Menurut anda, apakah anda terbebas dari risiko kerugian apapun? Jenis asuransi manakah yang cocok untuk anda? Berapa besar tanggungan yang anda terima sekarang? Semua ini patut dipikirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar